You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 Sudin Gulkarmat Jaksel Gelar Pelatihan Redkar di Kelurahan Gunung
.
photo Tiyo Surya Sakti - Beritajakarta.id

Sudin Gulkarmat Jaksel Gelar Pelatihan Redkar di Kelurahan Gunung

Puluhan warga Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, ikuti pelatihan relawan kebakaran (redkar) yang digelar Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyalamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Selatan di Halaman Kantor Kelurahan Gunung.

mulai dari membuka dan teknik pemadaman api dengan APAR

Kepala Satgas Gulkarmat Kelurahan Gunung, Nurul Komar mengatakan, puluhan redkar tersebut mengikuti pelatihan berupa pencegahan umum kebakaran sejak dini, seperti cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan penggunaan peralatan dasar untuk memadamkan api yang ada di sekitar mereka.

“Kami berikan mereka pemahaman dasar penggunaan APAR, mulai dari membuka dan teknik pemadaman api dengan APAR, hingga pemadaman api dengan alat seadanya seperti karung atau kain basah," ujarnya, Senin (1/7).

30 Warga Kalibaru Direkrut Jadi Relawan Pemadam Kebakaran

Komar menjelaskan, selain memberikan teknik pemadaman api, pihaknya juga melakukan edukasi terkait kepemilikan APAR di permukiman, khususnya bagi warga pemilik usaha.

Ia menambahkan, dengan adanya pelatihan pemadaman kebakaran yang diikuti 30 anggota redkar ini, tentunya diharapkan redkar menjadi garda terdepan dalam melakukan edukasi kebakaran kepada warga dan pemadaman api sejak dini di lingkungannya.

"Semoga ilmu ini diseberluaskan di lingkungan mereka masing-masing, sehingga efisiensi waktu dalam proses pemadaman kebakaran sejak dini bisa mereka lakukan," ucapnya.

Salah satu peserta, Slamet (51) mengaku senang mengikuti pelatihan ini, karena selain ilmu pemadaman kebakaran sejak dini yang didapat, peserta juga mendapatkan kartu anggota redkar dan nantinya akan mendapatkan APAR secara gratis.

"Hampir setiap tahun saya ikut pelatihan redkar, karena trauma kebakaran yang cukup besar di lingkungan tempat tinggal," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1083 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1056 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye981 personAldi Geri Lumban Tobing